Tips Cara Merawat dan Memelihara Kucing Peliharaan di Rumah

Tips cara merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah | Buat kamu yang memelihara kucing, tips cara  memelihara kucing di rumah. Kucing bukan hanya dibelai dan diberi makan saja, Akan tetapi kita harus melihat juga kesehatan si kucing, agar terhindar dari penyakit. Cara merawat kucing yang baik sebenarnya mudah yaitu dengan selalu mengikuti update terbaru dari info kucing.



Cara merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah
Memelihara kucing di rumah


Berikut beberapa tips dalam merawat kucing di rumah :

Berikan makanan yang sehat. Makanan yang diberikan merupakanan makanan khusus kucing yang sudah disarankan mempunyai gizi lengkap sehingga kondisi kesehatan si kucing terjamin dan merawat kucing di rumah menjadi lebih menyenagkan.


Perhatikan porsi makanan kucing. Banyaknya pemberian makanan disesuaikan kebutuhan si kucing peliharaan. Usahakan setiap pemberian makan akan habis sehingga makanan yang diberikan selalu berganti setiap kali si kucing dirumah akan makan.

Jangan memberi makan terlalu banyak
. Tidak memberi makan di kucing terlalu banyak untuk menghindari obesitas (kegemukan) melainkan memberinya makan pas dengan kebutuhannya. Ini juga berakibat si kucing sering membuang kotorannya sehingga harus tau cara merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah.

Beri makanan kering. Makanan kering lebih disarankan karena praktis dan butiran butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing dan juga mudah dibersihkan.

Jika kucing suka dengan makanan basah. Kalau si kucing terbiasa mengkonsumsi makanan basah, usahakan setiap kali pemberian makanan pas takaran dan sisa yang masih ada dikaleng disimpan di lemari es dan saat memberikan makanan lagi dihangatkan atau dikeluarkan sebentar dari lemari es sehingga makanan kembali seperti kondisi semula, cara ini juga mempermudah si kucing beradapatasi denan makannya dan mempermudah merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah. Hal ini juga ini untuk menjaga kualitas makanan basah.

Cara merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah
Kucing yang sedang tertidur
 Bersihkan tempat makanannya. Kotak makanan si kucing harus selalu dalam kondisi bersih dan sisa makanan langsung dibuang dan berikan makanan pada jam-jam tertentu untuk membiasakan si kucing mengetahui jadwal makannya. jika merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah dan kucing tidak ditempatkan dalam kandang berikan makan di tempat tertentu, makan jangan dipindah-pindah untuk membiasakan kucing mengetahui secara otomatis dimana tempat makanannya diletakkan.

Beri minuman yang cukup. Sediakan cukup air minum si kucing dikandang atau ditempat bermainnya, meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.

Tempat tidur yang nyaman. Berikan tempat tidur yang nyaman, apabila memungkinkan yang terbuat dari rotan sehingga dapat digunakan untuk mengasah kuku ini juga untuk menghindari menggaruk sofa atau perabotan rumah tangga lainnya.

Membersihkan kotorannya. Kotak kotoran harus di isi cat litter atau pasir yang banyak dijual di pet shop atau super market. pilih yang punya daya serap tinggi agar dapat menyerap kencing dengan cepat agar memelihara kucing peliharaan di rumah terasa lebih menyenangkan. Segera buang kotoran kucing sesegera mungkin dan ganti pasir kucing yang sudah berisi kencing dua kali sehari agar kucing merasa nyaman.

Memandikan secara berkala. Mandikan kucing paling sedikit tiga kali dalam satu bulan atau dapat juga satu minggu sekali dengan menggunakan shampoo kucing yang ber Ph rendah dan lakukanlah penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak akan terjilat yang menyebabkan kucing akan muntah karena tertelan bulu atau jika tidak bulu-bulu kucing yang tertelan akan mengganggu sistem pencernaannya.

Beri vaksin jika diperlukan. Ini merupakan cara penting merawat kucing peliharaan di rumah Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan juga periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.


Cara merawat kucing peliharaan di rumah
Kucing yang sedang makan
Perikasakan ke dokter jika terlihat tidak sehat. Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan tanda-tanda awal terserang sakit, seperti : tidak mempunyai nafsu makan atau nafsu makan berkurang, pilek atau keluar ingus, BAB lembek atautidak normal.

Cara merawat kucing diatas masih sedikit dari banyak hal yang harus diperhatikan. Masih banyak yang harus diketahui oleh pemilik dalam merawat kucing dengan baik. Tapi sebenarnya  kunci utama dalam cara merawat kucing merumakanan kasih sayang dan perhatian. Karena dengan sayang kepada hewan peliharaan otomatis pemilik akan terus belajar dan belajar tentang cara merawat dan memelihara kucing peliharaan di rumah.

0 Response to "Tips Cara Merawat dan Memelihara Kucing Peliharaan di Rumah"

Posting Komentar